AMAZON_ISLAM

May 31, 2012

SUFI - ILMU HURUF NOON, rahasia dari NOON

CAHAYA DAN API ADALAH NOON ITU SENDIRI.

Pengertian dasar dari huruf NOON  adalah :
  • NOON adalah cayaha dan NOON adalah api 
  • Cotoh dasarnya adalah di dalam tubuh kita,ruh kita itu NOOR berbentuk cahaya putih yang berkilau, dan NAFSU kita berbentuk api adalah NAAR.
  • 2 bagian di dalam tubuh kita, pada dasarnya adalah ruh dan jiwa.
  • RUH itu adalah cahaya(noor muhammad), JIWA itu adalah API (nafsu amarah).    
     Di dalam dunia ini dan pula di alam akhirat, diri kita bisa menjadi NOOR atau NAAR tergantung dari amalan kita sewaktu hidup dunia. Kita selalu di ingatkan  oleh ALQURAN waktu demi waktu bukan, bahwa kita di perintahkan untuk menghindari sesuatu yang berbahaya. Bisa kita sebut api adalah bagian yang berbahaya tersebut, tapi jika kita mampu menjadi NOOR, kita bisa mengalahkan NAAR dalam diri kita. 

    Dari asal usul NAAR, tercipta dari NOOR itu sendiri. Dan NAAR memiliki sebagian dari sifat noor yang panas. tapi tidak bisa menjadi sifat NOOR  yang dingin. Dengan kata lain NOOR bisa menjadi API, TANAH, AIR , UDARA , tapi NAAR (Api) tidak bisa merubah kembali ke bentuk semula.


     Mari kita ambil sebagian contoh dari sifat NOOR yang panas. Di alam kita. Yakni Laser yang berbentuk cahaya bisa membakar dan menghancurkan secara instan apa saja yang di sentuhnya dan mengelurkan asap dan api yang di kenainya. Tapi apakah mungkin asap dan api akibat sinar laser tersebut bisa menjadi Laser lagi? 


     Contoh lain dari NOOR yang bersifat panas yang ada pada diri kita, adalah ROH dan DOA. Pernahkah kita membaca ayat QURSI kepada jin atau ruh yg gentayangan (manusai yang mengotori dirinya dengan jalan kotor) kemudian melihat meraka mengerang kepanasan. apa kita lihat ada api dari ayat yang kita baca? yg ada adalah cayaha yang menyilaukan pandangan lah sejatinya yang membakar itu.


dalam hadis qudsi allah berfirman :  " Sesungguhnya api kalah dengan cahaya ".

      Manusia ketika di dunia menuruti hawa NAFSU akan mampu bersatu dengan API yang diikutinya, Tapi ada pula API yang mengikuti CAHAYA bisa pula bersatu dengannya tanpa menghilangkan sifat apinya.

Karena ada pula Nafsu yang ketika di dunia dikendalikan dan selalu terjaga seperti orang alim dan nabi mampu menaklukan nafsu ammarahnya.begitu pula kaum jin, mereka yang taat kepada allah akan bersatu dengan cahaya allah (nuurullah) dan tak pula mampu di sakiti oleh cahaya, walaupun pada dasarnya mereka adalah api yang menyala.
      Maka cobalah para pembaca yang budiman untuk mengikuti cayaha dan pula mencoba meninggalkan segala sesuatu yang menarik diri kita ke arah api yang panas.
      Walaupun ALLAH di dalam manusia(INSAN) telah menitipkan kedua Huruf NOON. NOON dari dunia kita adalah tubuh kita yang mendorong manusia ke dalam hasrat, itulah api. Sedangkan NOON dari alam samawi(langit, alam akhirat) adalah ROH yang di peruntukan untuk mengatur tubuh kita. Jika RUH kita suci maka akan menjadi NOOR. Begitu pula sebaliknya jika mengotori diri dengan kesesatan , maka akan menjadi API. Dengan kata lain ikutilah AMAL MAKRUF NAHI MUNGKAR(artinya lakukan amalan yang baik hidari yang buruk, bisa dimaknai pula ikutilah NOOR jangan mengikuti NAAR (jangan menuruti hawa nafsumu)).

      Manusia (INSAN) mempunyai rahasia dari DUA dunia tersebut, yakni rahasia dari dua HURUF NOOR ALLAH. Untuk bisa mengerti dan memaknai hal tersebut, tentunya harus berjalan dari dasar ISLAM yakni SYARIAT(5 rukun iman,6 rukun islam).itulah yang harus di lakuan murid untuk bisa mendalami ilmu spiritual. dan pula melibatkan hati utuk bisa mengerti dari ilmu spiritual kesufian tersebut.


      Tanpa di tunjang pengetauhan spiritual dan kebijaksanaan seseorang dalam memilih jalan. maka bisa dipastikan akan menyesatkan. Maka bijaksanalah dalam memilih sesuatu. Adapula sesuatu yang baik karena salah memahaimi dengan pengetahuan tanpa spiritual maka akan menyesatkan pula, itulah kenapa membutuhkan kebijaksaan dalam diri seseorang, hal ini bisa di atasi dengan mencari guru yang di anggap mampu untuk memulai perjalanan, tanpa guru maka akan berakitbat fatal.(gila atau meninggal.)

No comments: